Saturday, March 5, 2016

BERGERAK YUUK...


Selama bertempat tinggal di Canberra, adakah di antara kita yang belum pernah berjalan di alam terbuka seputaran kota ini? Bila demikian, dapat dikatakan anda membuang kesempatan yang sangat berharga, yang kadang jarang kita temui di tempat lain. Mengapa dikatakan demikian, karena fasilitas yang disediakan sangat ‘lux’, dalam artian semua aspek keamanan dan keselamatan berjalan sangat diutamakan, tidak ada lubang, pedagang kaki lima ataupun sepeda motor yang merebut jalan kita. Sementara berjalan adalah kegiatan olah raga yang paling sederhana yang dapat anda lakukan tanpa mengeluarkan biaya banyak. 






Manfaat yang dapat dirasakan langsung ketika bergerak di alam terbuka adalah, mengisi udara bersih ke dalam paru-paru, menguatkan jantung, melancarkan peredaran darah, menjaga berat badan dan postur tubuh, juga mengasah kepekaan panca indera kita.
-           *     Mata melihat pemandangan luas tak berbatas, hijau, biru dan warna-warni lainnya.
-       *     Hidung menghirup dan mengidentifikasi aroma yang beragam, wangi pepohonan (pinus, eucalyptus, cinnamon dan bau rumput yang baru dipotong). Wewangian asli, gratis tidak dalam kemasan.
-        *     Telinga mendengarkan berbagai kicauan burung maupun desiran angin mengusik daun-daun.
-     *     Kulit menyerap vitamin D yang sangat dibutuhkan bagi kekuatan tulang kita, mencegah osteophorosis




  Kadang kita malas bergerak sama sekali, sementara kita tahu bahwa bergerak bisa dalam bentuk apapun. Mengerjakan pekerjaan rumah tangga, berkebun, naik atau turun tangga dan berjalan di mall, minimal dilakukan secara intens setiap hari.

   Ketika anda kecewa dengan diet menurunkan berat badan yang pernah berhasil namun dalam waktu singkat kembali lagi gemuk, sebetulnya ‘goal’ anda yang mungkin perlu diubah. Misalnya : goal nya adalah diet untuk menurunkan berat badan, maka pada saat anda sudah mencapai berat badan ideal, semua kegiatan menuju ke sana anda stop, sehingga dengan cepat berat badan anda ‘bounch back’, bahkan kadang lebih berat.


  Jadi cobalah dengan motto, tidak berdiet, saya bergerak atau berolah raga rutin untuk kesehatan saya sendiri. Bila ada efek berat badan jadi turun, itu adalah bonus. Karena untuk sebagian besar orang tidak mudah berpantang makanan. 

  Pada jaman yang serba digital, banyak sekali disediakan alat bantu untuk mengukur rutinitas anda bergerak. Contoh : alat yang menyerupai gelang, menghitung pencapaian minimal 10.000 langkah setiap hari. Bahkan ada alat yang menghitung macam aktivitas yang anda lakukan selain hanya diam dan duduk. Alat itu mencatat persentase aktivitas anda berjalan, berdiri maupun aktivitas olah raga lainnya.


Asalkan semua alat ini dapat membantu pencapaian hitungan minimal aktivitas anda, silahkan anda miliki. Tapi selama alat ini menjadi alasan untuk menunda bergerak karena belum punya, ini adalah masalah niat :). Sebenarnya hanya dengan bermodal alas kaki dan pakaian yang nyaman anda sudah dapat memulainya, SEKARANG!!





By: tanitam@150216



Pernah dimuat di News No. 15/2/2016 DWP KBRI Canberra 

No comments:

Post a Comment